Mading 3D MAN Sigli 1 Juara Pidie Education Festival

Bisa dinamakan kado sebelum puasa, MAN Sigli 1 juarai ajang karya jurnalistik dan lomba lainnya. Adalah Pidie education festival yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Generasi Muda Pidie (Fokusgampi), sejak 26-28 mei 2016 di lapangan Keuniree Kota Sigli, telah menempatkan Majalah Dinding (Mading) MAN Sigli 1 sebagai juara pertama dalam pembuatan mading 3D (Tiga Dimensi).

Mading MAN Sigli 1 beranggotakan: Rehan Manstura (Kelas X.2), Nur Azizah (X.2), Mimi Misni Nazirac(X.2) dan Affra Azzahra (XI.IPA.5), Nada Afifah (XI.IPA.5), dengan guru pembimbing Ida Husna, S,Si dan Muhammad Mahdhar,S.Pd.I,M.Pd.

Acara yang memperlombakan tingkat SMA/SMK Se-Pidie dengan tema “Cerminan Pendidikan masa kini”, diadakan pada Jum’at 27 Mei, tepatnya pukul 16.45 sampai pukul 18.00 WIB.

Pada acara yang sama MAN Sigli 1 berhasil menempatkan juara 1 Pidato Bahasa Inggris oleh Khaliza Zia (XI.Ipa.2) dan juara 3 perlombaan Essay (karya tulis ilmiah) oleh Sariphonna (XI.Ipa.1) dari sejumlah perlombaan yang diadakan.

Perpustakaan telah membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak pakar-pakar pengetahuan, menjalin komunikasi untuk menjadi bangsa yang berbudaya serta merubah pola berpikir anak negeri, sehingga menjadikan negara Indonesia bersatu dalam keanekaragaman agama, suku, ras dan bahasa.

Mading MAN Sigli 1 mengangkat judul: “Perpustakaan Versus Informasi Teknologi” dengan isi laporan utamanya adalah:Perjalanan waktu yang mengiringi perkembangan ilmu pengetahuan, menjadikan perpustakaan sebagai wadah untuk menampung penemuan-penemuan baru serta mempublikasikannya pada masyarakat umum, perpustakaan memposisikan diri sebagai patner dan tempat diskusi dalam mempelajari, meneliti serta membahas setiap permasalahan yang membutuhkan dukungan teori.

Pada tahun 2014, Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemkominfo) memberitakan bahwa: penguna internet di Indonesia mencapai  82 juta jiwa dan memposisikan Indonesia pada peringkat ke-8 didunia, dan pengguna Facebook menduduki peringkat ke-4 besar di dunia, sehingga menjadikan informasi teknologi berkembang pesat di Indonesia.

Maka kata bijak yang dulu pernah kita dengar : “Jadikan bola dunia ada ditanganmu, dan putarkan  sesuka hatimu”, telah menjadi kenyataan dan bisa dipraktekkan oleh siapapun.

Walaupun IT terus berkembang, kedudukan perpustakaan dalam membangun kualitas pendidikan, tetap mempunyai peran dan pengaruh yang besar, karena IT tidak menjamin keabsahan informasi yang menyeluruh, sedangkan perpustakaan memiliki karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, walaupun perkembangan informasi mewarnai kehidupan, namun perpustakaan terus mendapatkan posisi istimewa di hati setiap pelajar dan para ilmuan, Maju terus negeriku, maju terus perpustakaanku…!

Demikian isi dari laporan utama, semoga menjadi motivasi untuk berkreasi dan berinovasi pada masa yang akan datang, terima kasih yang tak terhingga kepada kepala madrasah MAN 1 Sigli Bpk. Yusmadi,S.Pd,M.Pd atas dukungan dan motivasinya, Maju terus MAN Sigli 1.

Disadur dari laman aceh.kemenag.go.id/berita/373918/jelang-puasa-mading-3d-man-sigli-1-juara-pidie-education-festival