Taman Kenangan Kakanwil di MAN 1 Sigli

Resmi diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 1 Januari 1990 silam, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, kini hadir menyaksikan kembali taman kenangan saat menjabat sebagai guru MAN 1 Sigli, Pidie. Kehadiran Kakanwil di MAN 1 Sigli, Rabu (20/1), yang ditemani Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pidie, Drs. H. M. Jakfar M. Nur disela-sela kunjungan kerja peresmian MTs dan MA Yayasan Nurul Hikmah Al-Aziziyah Kec. Mutiara Timur, Pidie yang disambut para siswa/i MAN 1 Sigli.

Semasa mengabdi di PGAN Sigli sebagai guru honorer, banyak hal telah dilakukan oleh Kakanwil untuk membantu dan membina lembaga, salah satunya menghidupkan kembali Madrasah Sa’adah Abadiyah Al-jam’iyatuddiniyah Blangpaseh yang sekian lama tidak berfungsi. Tak hanya itu, dengan kreatifitas dan inovatif dan kedekatannya dengan anak didik, Kakanwil juga membangun taman madrasah dan lapangan volly ball secara mandiri walaupun hanya sebagai guru biasa.

“Ada kesan paling indah di MAN 1 Sigli masa dulu” ujar Kakanwil mengawali ceritanya. Saya bersama para murid saling bekerjasama dalam membangun taman di halaman depan Kelas secara mandiri. Selain taman, juga pembangunan lapangan Volly Ball dibangun secara gotong royong bersama siswa, yang didukung Kepala Madrasah pada waktu itu Drs. Rusyidi” Kakanwil mengenang masa lalunya.

Dengan bekal keahlian pertukangannya saat itu, Kakanwil dengan semangat gotong royong mendidik kerjasama pembangunan taman tersebut. “Saya sebagai tukangnya, anak-anak membantu pekerjaan ringan lainnya” kenang Kakanwil lagi.

Taman indah hasil dari uang sisihan jajan para murid demi membeli semen dan batu bata, tepat 22 tahun yang lalu, kini masih tertata indah, bahkan di depan taman tersebut masih utuh berdiri parasasti, tertera nama Bapak M. Daud Pakeh yang saat itu menjabat sebagai Wali Kelas III A1 tahun ajaran 1994/1995.

Berbekal kegigihan dan kedekatannya dengan murid, banyak karir yang telah dititinya di MAN 1 Sigli, mulai dari Wakil Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kesiswaan, dan akhirnya hijrah mendapat kepercayaan menjadi Kepala MAN 2 Sigli di Meureudu.

Kini Pak Daud Pakeh hadir kembali ditemani teman setianya saat membimbing siswa dan membantu membina Madrasah dimasa silam, Drs. H. M. Jakfar M. Nur yang sekarang menjabat sebagai Kakankemenag Pidie.

Kini Pak Daud Pakeh hadir bukan sebagai guru, tapi sebagai Kakanwil Kementerian Agama Aceh yang dapat berbuat lebih banyak lagi demi kemajuan pendidikan agama di Provinsi Aceh.

(Ket Foto : (1) Kakanwil bersama Kakankemenag Pidie sedang di taman MAN 1 Sigli, (2) Prasasti kenangan pembangunan taman masa lalu di MAN 1 Sigli)

Diadopsi dari laman aceh.kemenag.go.id/berita/324296/taman-kenangan-kakanwil-di-man-1-sigli