Ka.Kwarcab Saweu Sikula

Seperti biasanya setiap hari senin gerakan pramuka kwartir Cabang Pidie Aceh melaksanakan kegiatan kunjungan ke Gugus Depan yang dalam Bahasa Aceh ‘saweu gugus depan/saweu sikula’ yang ada didalam wilayah kabupaten Pidie Aceh. Pada hari senin tanggal 08 oktober 2018 kwarcap Pidie mengunjungi Gugus Depan Man 1 Pidie. `dalam setiap kunungannya selalu dipimpin oleh Ka.Kwarcap, yang juga sebagai wakil bupati pidie Kak Fadhlullah TM Daud,ST. Juga ikut bersama beberapa orang pengurus lainnya seperti kak Yusmadi S.Pd.M.Pd yang juga sebagai ketua harian.


Gugus depan disingkat gudep adalah suatu kesatuan organik dalam gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota gerakan pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaan, serta sebagai pembinaan bagia anggota muda dan anggota dewasa muda
Gugus depan mempunyai nomor gugus depan di setiap sekolah, yang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sekolah tersebut dimana dengan adanya nomor Gudep disekolah menunjukkan bahwa pramuka disekolah tersebut telah diakui oleh orang lain.
Gudep dibentuk dengan tujuan membina dan mengembangkan sumber daya kaum muda melalui kepramukaan agar menjadi warga negara yang berkualitas, yang mampu memberikan sambungan yang positif bagi kesejahtraan dan kedamain masyarakat baik lokal, nasional, maupun internasional.
Dalam sambutan nya Ka.Kwarcap menyampaikan motivasi untuk adik adik agar selalu dapat mengembangkan nilai-nilai skesosif melalui kegiatan kepramukaaan yaitu

spritual,karakter,emosional,sosial,intelektual,dan fisik.
Skesosif itu adalah area pengembangan dari diri anak yang perlu diwujudkan dalam tindakan dengan kegiatan kepramukaan. Semoga dengan kunjungan ini dapat memotivasi Ka.Mabigus, kakak pembina, dan juga adik-adik pramuka untuk selalu melaksanakan kegiatan kepramukaan di setiap gugus depan, yang merupakan ujung tombak kemajuan kegiatan kepramukaan diluar negeri ini. (laporan pembina pramuka MAN 1 Pidie Eva Nuriza,S.Pd)