MAN 1 Pidie Resmikan Website sebagai Sarana Promosi dan Publikasi Madrasah

Sigli – MAN 1 Pidie meresmikan website sebagai sarana publikasi dan promosi madrasah pada tanggal 4 oktober 2019. Website MAN 1 Pidie adalah produk hasil aktualisasi dari peserta pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Aceh, yaitu Ibu Liza Zulaini, S.Pd.I yang berjudul “Pengadaan Website sebagai Sarana Publikasi Madrasah untuk Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap MAN 1 Pidie”. Webiste MAN 1 Pidie https://www.man1pidie.sch.id juga dilengkapi dengan aplikasi Android yang dapat diunduh dan diinstal dari laman website https://www.man1pidie.sch.id/app.

Ibu Liza Zulaini, S.Pd.I yang dibimbing oleh Bapak Nurdin M.Pd.I dan bekerja sama dengan CV Frombanda menghadirkan sebuah inovasi pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh MAN 1 Pidie dan merupakan lembaga tempat pengabdiannya saat ini.

Selain itu Ibu Liza Zulaini, S.Pd.I bekerja sama dengan Direktur CV Frombanda, Bapak Agussalim, S.Pd., M.Pd. mengadakan sosialisasi website kepada dewan guru dan membuat pelatihan pengeloaan website kepada operator MAN 1 Pidie.

Menurut Ibu Liza Zulaini, S.Pd.I, perkembangan teknologi informasi terutama internet yang semakin pesat saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma masyarakat dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Melalui keberadaan internet masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan di manapun dan kapanpun. terlebih saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang menuntut dunia pendidikan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Salah satu dampaknya, dunia pendidikan bersifat fleksibel, terbuka dan dapat diakses oleh siapapun. Selain itu, perkembangan jaringan internet juga mempermudah lembaga atau instansi untuk mempromosikan keunggulannya masing- masing.

Dampak signifikan dari perkembangan teknologi internet terhadap dunia pendidikan tentunya membutuhkan respon yang cepat dari instansi pendidikan itu sendiri. Jika perkembangan tehnilogi tersebut tidak diikuti oleh sebuah lembaga atau instansi, maka dengan sendirinya eksistensi lembaga atau instansi tersebut akan tergilas oleh zaman. Perkembangan teknologi mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang sekolah serta dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang efektif guna meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat.

Menyikapi hal ini peserta latsar angkatan 3 ini melahirkan sebuah ide untuk pengadaan website di sekolah pengabdiannya tersebut. Hal ini mendapat respon yang sangat positif dari kepala MAN 1 pidie bapak Mustafa, M.Ag. menurutnya website ini adalah cita-cita beliau sejak beberapa tahun yang lalu, beliau menilai bahwa pengadaan website menjadi hal yang sangat urgen saat ini karena MAN 1 pidie ini adalah mandrasah rujukan di Kabupaten Pidie yang memiliki banyak prestasi namun prestasi tersebut belum diketahui oleh masyarakat karena tidak terpublikasi di media cetak maupun elektronik.

Adapun identifikasi dampak hasil inisiatif adalah Kehadiran website di MAN 1 Pidie memberikan manfaat bagi warga sekolah. Terutama bagi para siswa, kehadiran website memotivasi mereka untuk terus mencetak prestasi juga memotivasi mereka untuk semangat mengikuti event-event dan lomba-lomba baik dalam dan luar sekolah. Tidak hanya sebatas itu, kehadiran website di MAN 1 Pidie juga menjadi motivasi tersendiri bagi para guru untuk terus menciptakan inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan, sehingga menjadikan proses belajar mengajar tersebut menjadi menarik untuk di ikuti siswa. Hal tersebut kemudian akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Melalui media website ini segala sesuatu hal yang menarik, unik, bernilai dan membanggakan dari madrasah akan mudah diketahui oleh masyarakat . Hal tersebut menjadi salah satu motivasi bagi para pendidik untuk terus memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya dan madrasahnya.

Bagi madrasah, kehadiran website ini sangat menguntungkan dalam upaya meningkatkan kredibilitas sekolah dimata masyarakat sehingga dapat menarik minat masyarakat terhadap sekolah. Selain itu, pelatihan operator website yang diadakan berdampak positif bagi peserta pelatihan. hal ini terlihat dari hadirnya berita-berita terbaru setiap hari di laman website MAN 1 Pidie.