HASIL ANALISA BPPOM KABUPATEN PIDIE TERHADAP JAJANAN SISWA DALAM AMANAT UPACARA SENIN MAN 1 PIDIE

Senin 14 Oktober 2019

Upacara bendera di sekolah dilaksanakan secara rutin tiap minggunya. Upacara Pengibaran bendera merah putih setiap senin pagi. Seluruh sekolah di Indonesia melaksanakan upacara bendera.

Peserta upacara adalah seluruh siswa-siswi dan guru MAN 1 Pidie. Pembina upacara pada hari senin tanggal 14 oktober oleh Ibuk Faridah Hanim,S.Pd. Petugas upacara dilakukan oleh siswa-siswi yang telah ditunjuk yaitu kelas XII.IPA.3. Biasanya tiap kelas secara bergantian bertanggung jawab sebagai petugas upacara. Atau siswa yang tergabung dalam team Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) pada upacara peringatan hari-hari besar. Petugas upacara terdiri dari: Pengatur upacara, pemimpin upacara, Pemimpin barisan, Pengibar bendera, Pembawa dan Pembaca teks, Paduan suara beserta dirijen.

Inti kegiatan dari upacara bendera, selain mendengarkan amanat Pembina adalah pengibaran bendera. Pengibaran bendera sebagai inti kegiatan harus dilakukan secara tertib dan hikmat. Petugas harus benar-benar siap dan tanggung jawab penuh karena pada saat bendera dikerek ke puncak tiang, seluruh peserta upacara mengangkat tangan kanannya sebagai bentuk penghormatan. Momen ini sangat ampuh untuk nenumbuhkan rasa patriotism dan nasionalisme. Terlebih sambil mendengar lagu Indonesia Raya yang mengiringi bendera berkibar.

Adapun amanat yang diberikan oleh pembina upacara hari ini senin tanggal 14 oktober di lapangan upacara MAN 1 Pidie adalah analisa jajanan siswa yang diperiksa oleh BPPOM Kabupaten pidie, yang terindikasi mengandung Borak ataupun pengawet yang terkandung dalam makanan yang sering siswa siswi makan saat jam istirahat. laporan pembina osim Muhammat Mahdhar,S.Pd.M.Pd