Kunjungan Kamabigus Ke Bumi Perkemahan Pidie Berkarakter 2

Keumala pidie 16 oktober 2019

Lebih kurang 14  siswa-siswi perwakilan dari MAN 1 Pidie beserta pendamping dan  pembina pramuka. mengikuti kegiatan Kemah Karakter 2 selama enam hari di desa tunong keumala dalam. Acara ini diikuti oleh seluruh Gudep(SMA,SMP,SD, dan MA.MTs,MI  Acara ini digelar tidak lepas dari pentingnya peranan gerakan pramuka yang berpeluang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Khususnya kepada kaum muda yang berkarakter yang kelak mampu menjadi pemimpin bangsa yang lebih baik.

Perkemahan berkarakter 2 ini di adakan di keumala dalam tepatnya desa tunong. Menurut pantauan lokasinya sangat strategis karna perkemahan dibuat di lapangan bola yang didukung area yang luas juga dekat dengan sungai. jadi peserta mudah menjangkau apabila hendak perlu air untuk melakukan solat dan juga masyarakat disekitar sangat mendukung kegiatan seperti ini karna mereka bisa berjualan didepan rumah untuk meningkatkan perekonomian mereka. Uajar salah seorang warga

Namun kendalanya mungkin didaerah dekat dengan pergunungan seperti ini cuacanya bisa ber ubahubah jikalau siangnya terik sorenya bisajadi hujan.jikalau hujan lebat kendalanya mungkin ditempat perkemahan tergenang air akibat tidak adanya saluran pembuangan.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai wadah yang strategis dalam memupuk karakter dan bela Negara bagi siswa SMA,MA untuk melatih diri membangun komunikasi, bekerjasama dalam mempertebal rasa kebangsaan, serta mampu mengembangkan potensi diri sejalan dengan perkembangan IPTEK, Ujar Bapak Mustafa S.Ag selaku Kamabigus.  

Pembina pramuka juga menegaskan bahwa siswa tidak hanya cukup dibekali dengan keterampilan semata. Namun, juga pembentukan karakter siswa. Menurutnya, kegiatan kepramukaan seperti ini sangat penting bagi siswa siswi MAN 1 Pidie ujar kak Eva Nuriza, S.Pd selaku pembina pramuka putri. Sebagai generasi penerus bangsa, pelajar tidak cukup hanya dengan pintar dan terampil. Namun juga perlu memiliki karakter mental yang baik.

Sementara itu, kak Agus Saputra,S.Pd selaku pembina putra juga menambahkan bahwa melalui kegiatan kepramukaan yang penuh dengan kedisplinan, kerjasama, kejujuran, dan sikap kritis seperti ini, diharapkan bisa menjadi benteng bagi diri peserta didik dari kebablasan informasi. Pramuka sebagai salah satu wadah atau sarana positif yang mampu menciptakan cikal bakal generasi produktif yang positif di masa depan dengan karakter yang kuat.

Salam Pramuka Man 1 Pidie “Mirza Saifutra.S.Pd