Partisipasi Guru Dan Siswa MAN 1 Pidie Dalam Kegiatan Donor Darah

SIGLI 22 OKTOBER 2019

MAN 1 Pidie menggelar kegiatan donor darah, selasa, (22/10/2019), di Aula setempat. Menariknya kegiatan ini diselenggarakan oleh PMI Pidie, kerja sama dengan siswa-siswi yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) MAN 1 Pidie. Kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap 6 bulan sekali.

Hampir seluruh siswa siswi kelas XII yang berusia 17 tahun ikut serta dalam kegitan donor darah. tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain untuk mengajarkan siswa-siswi melakukan bakti sosial dan peduli terhadap sesama manusia. Para guru juga  ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Seperti disampaikan kepala madrsah Mustafa.S.Ag menurutnya siswa siswi antusias karena menurut mereka penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi suatu pengalaman baru bagi mereka.

Kegiatan ini diawali sosialisasi terkait pentingnya donor darah, setelah itu, siswa dibekali pengetahuan terkait apa saja perlu dilakukan sebelum mendonor darah. Termasuk mempersiapkan kesehatan dan mental.Jadi agar siswa siswi terbiasa dengan donor darah. Anggota PMR juga tahu bahwa tugas mereka bukan hanya mengajak siswa siswi donor darah,tetapi kegiatan ini akan dimasukkan  dalam pelajaran Biologi agar menjadi agenda rutin PMR untuk mengadakan kegiatan donor darah kedepannya, kata Pembina (PMR) Nurmala,S.Pd

Tak hanya panitia yang terlihat antusias, siswa-siswi yang mendonorkan darahnya juga terlihat senang, salah satu siswa yang mendonorkan darahnya terlihat sangat senang, meski dirinya merasa takut sebelumnya, namun dirinya merasa senang karena bisa membantu orang lain.

Apabila pendonor tidak memenuhi kriteria berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin yang telah ditetapkan, pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya. Dan apabila lolos dari pengecekan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah.

Dari kegiatan itu berhasil diperoleh darah sebanyak 24 kantong yang kemudian diserahkan ke pihak PMI untuk penyimpanan dan pendistribusian kepada pihak yang membutuhkan.

Secara keseluruhan, kegiatan donor darah kali ini berjalan lancar. Harapan untuk kegiatan selanjutnya siswa siswi di lingkungan madrasah mendermakan sedikit darahnya dapat meningkat. Semoga kegiatan ini juga menjadi penyemangat dari peningkatan kegiatan siswa.