MAN 1 Pidie Kembangkan Otomasi Perpustakaan

petugas sedang melalukan proses entri data

Pidie– Guna mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis web, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pidie melakukan otomasi sistem perpustakaan.

Koordinator pelaksana bedah Perpustakaan MAN 1 Pidie dan juga menjabat sebagai kepala perpustakaan, Fitri Juliana,SKH menjelaskan, selama beberapa hari pihaknya fokus pada integrasi koleksi dari manual ke sistem otomasi dengan menggunakan aplikasi Slim Akasia. Aplikasi otomasi perpustakaan berbasis SLiMS yang khusus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah.

“Kita melakukan pengolahan seluruh koleksi. Mulai dari entri, penempelan label, barcode dan pembuatan kartu perpustakaan selama kurang lebih 1 bulan dan mereka melakukannya selama masa lockdown,” jelas Fitri Juliana,SKH, Beserta staf perpustakaan.

Selain itu, pihaknya juga membekali para pengelola perpustakaan, serta pendampingan untuk pengembangan perpustakaan ke depan.

petugas sedang melayani siwa yang hendak meminjam buku dengan tetap menjaga protokol kesehatan

Kepala Perpustakaan MAN 1 Pidie, Fitri Juliana,SKH mengatakan, perpustakaan merupakan jantung sekolah yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Karena itu, sudah sepatutnya dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi, guna meningkatkan layanan serta kemudahan akses informasi.

Ia menyampaikan, meski belum maksimal, namun setidaknya terobosan tersebut dapat membantu temu kembali informasi, serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar.

Saat ini, perpustakaan MAN 1 Pidie memiliki 764 Judul dan 14.639 eksample.yang semua  koleksi buku yang harus dilakukan pengolahan. Mulai dari entri, penempelan label dan barcode untuk mendukung proses belajar mengajar.