MAN 1 Pidie Berikan Sosialisasi Pendaftaran LTMPT-SNMPTN Kepada Siswa/Siswi Kelas XII

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melakukan sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 melalui kanal YouTube LTMPT kepada para siswa kelas XII maupun masyarakat lainnya. SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang keputusannya ditetapkan oleh PTN.

Sedangkan SBMPTN ditentukan berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Sebelumnya, sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Sekolan dan siswa juga harus melakukan registrasi akun di web LTMPT pada 4 Januari hingga 1 Februari 2021 untuk SNMPTN.

Sementara, registrasi akun LTMPT untuk calon peserta UTBK-SBMPTN dilakukan pada 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Sekolah-sekolah pun telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut momen tahunan ini.

Kepala MAN 1 Pidie, Mustafa,S.Ag mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan persiapan-persiapan baik terkait tim SNMPTN yang akan mengisi PDSS maupun nilai rapor siswa yang akan dimasukkan.

“Data nilai siswa yang update dan akurat sudah kami kumpulkan untuk nanti di-entry ketika sudah dibuka (oleh LTMPT). Ini kerjasama dengan guru BK,” ujarnya saat ditemui di MAN 1 Pidie, Senin (03/01/2021). Ia menjelaskan, nilai yang akan dimasukkan adalah nilai semester 1-5.