Man 1 Pidie Tet Apam

Pidie– MAN 1 Pidie kenduri Apam Sabtu (27-02-2021). Toet Apam di Bulan Rajab ini sebagai Perspektif sejarah bagian dari upaya menjaga budaya warisan pendahulu, Selain itu, juga dapat menjadi pembelajaran bagi siswa-siswa untuk melestarikan tradisi ini agar tidak tergerus oleh jaman moderenisasi.

Waka humas MAN 1 Pidie Wardinur, S.Pd mengatakan bahwa khanduri Toet Apam kali ini merupakan inisiatif guru bersama siswa yang bertujuan agar warisan khanduri Toet Apam di Bulan Rajab bisa tetap terjaga oleh generasi penerus.

Kegiatan ini akan kita jadikan acara rutin tahunan setiap bulan Rajab, dan acara tahun ini berlangsung meriah, karena setiap kelas didampingi oleh guru sambil menjelaskan tradisi tot apam itu sendiri dan makan bersama

Ditempat yang sama, seorang guru MAN 1 Pidie  menjelaskan, kegiatan Toet Apam hari ini, Selain dapat memberikan edukasi tentang budaya khanduri di bulan Rajab, juga dapat mengajarkan siswa cara membuat makanan tradisional sesuai dengan resep turun temurun yang sesuai takaran. Jelas Mutia S.Ag saat dikonfirmasi oleh humas.

Menurut Mutia S.Ag, ”Saat ini banyak generasi muda yang sudah lupa dengan tradisi dan adat daerahnya, bahkan ada yang lebih suka dengan tradisi luar. Maka dengan khanduri Toet Apam ini bisa membangkitkan kembali semangat menjaga warisan Indatu, khususnya warisan kuliner khas Aceh seperti di bulan Rajab Toet Apam,” tuturnya.