Asesmen Wakil Kepala Madrasah Menuju MAN 1 Pidie Yang Unggul

Pidie– Ada hal baru yang dilakukan oleh Kepala MAN 1 Pidie untuk menentukan para Wakil Kepala (Waka) Madrasah periode 2021-2023. Jika sebelumnya, empat posisi Waka dipilih dan ditempati oleh orang-orang yang ditunjuk langsung oleh Kepala Madrasah, pada tahun 2021, mekanismenya dilakukan secara Lelang.

Pemilihan ini diawali dengan pendaftaran bakal calon Waka sesuai dengan formasi yang dibutuhkan yakni Waka Kurikulum, Kesiswaan, Sarana, dan Humas. Setelah para kandidat menyatakan kesediaan secara tertulis dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, panitia pemilihan pun menggelar persentasi program kerja Kamis (27/5/2021).

Adapun hasil keputusan ditentukan oleh dewan juri dari unsur komite, kasubbag Tata usaha Kantor kementrian Agama Kabupaten Pidie dan Pengawas Madrasah.

terpilihnya empat orang guru yang menjadi Waka dan akan bertugas membantu kepala MAN 1 Pidie dalam menjalankan tugasnya. Ke empat orang Waka terpilih tersebut adalah Muhammad Mahdhar, S.Pd.M.Pd sebagai Waka Kurikulum, M.Nazarullah.S.Ag sebagai Waka Kesiswaan, Wardinur,S.Pd Sebagai  Waka Sarana, dan Nurainun, S.Ag sebagai Waka Humas.

Kepala MAN 1 Pidie H Darwin, S.Ag.MH  mengungkapkan bawa mekanisme baru pemilihan ini ia harapkan mampu meningkatkan kualitas dan performa MAN 1 Pidie.

Adapun dasar dalam melakukan pemilihan Waka melalui mekanisme ini lanjut Darwin, adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1531 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Guru yang Diberi Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Madrasah. Mekanisme ini juga telah melalui rangkaian diskusi yang bermuara pada Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana Pemilihan  Wakil Kepala Madrasah di Ruang Kepala Madrasah.