SISWA/SISWI MAN 1 PIDIE JALANI MASA TAARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) 2021

Pidie –  Penerimaan siswa baru identik dengan Masa Orintasi Penerimaan Siswa Baru atau lebih dikenal dengan MOPDB, Tetapi atas instrusi dari Kementerian Agama MOPDB berganti nama menjadi MATSAMA atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, hal itu sudah menjadi kebiasaan setiap sekolah ketika memasuki tahun ajaran baru, pada tahun 2016 sistem masa orientasi siswa baru dibatasi oleh peraturan  Gubernur Nomor 26 Tahun 2015 dan himbauan dari berbagai pihak , masa orientasi yang mengedepankan kekerasan dan perpeloncoan di tiadakan. maka dari itu MAN 1 Pidie membuat acara masa ta’aruf perserta didik baru di isi dengan kegiatan yang berbau pengetahuan khususnya di bidang keagamaan, pengenalan sekolah dan membangun karakter peserta didik baru. Dalam kegiatan MATSAMA tahun ajaran 2021/2022 ini kami mengangkat tema “Melalui matsama, mari kita bentuk pribadi yang unggul, mandiri, berwawasan intelektual dan berlandaskan iman dan taqwa”.

kegiatan MATSAMA ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Dirjend Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat”; generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an.

Pada hari pertama di adakan upacara pembukaan MATSAMA yang bertempat di AULA MAN 1 Pidie, dengan jumlah  280 peserta, acara ini dibuka langsung oleh Bapak Darwin,S.Ag.MH selaku kepala MAN 1 Pidie sekaligus penanggungjawab kegiatan MATSAMA, dan juga didampingi langsung oleh kepala sesi pendidikan Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pidie Bapak Asrizal, S.Ag Dalam arahannya beliau berharap peserta didik baru dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal teman-teman baru, kakak-kakak kelas, para guru/karyawan, dan yang paling utama lingkungan sekolah sebagai wawasan Wiyata Mandala tempat kalian belajar selama tiga tahun ke depan.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan materi. Adapun materi yang diikuti oleh peserta MATSAMA antara lain, Ukhwah islamiah, program ketrampilan, Program keagamaan, kewirausahaan serta kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di MAN 1 Pidie. Sebagai nara sumber tambahan, kami juga kedatangan tamu dari Pihak TNI, Komite serta alumni yang berwirausaha, mereka menyampaikan materi sesuai dengan porsi masing-masing.