Siswi MAN 1 Pidie Lolos Tahap Final Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2021

Sigli – Siswi MAN 1 Pidie, Nailur Surur sukses menjadi Finalis Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 Tingkat Nasional. MAN 1 Pidie berhasil mewakili Kabupaten Pidie pada ajang KoPSI 2021 tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pada tanggal 18-22 Oktober 2021 para juri telah menilai 1.175 naskah penelitian dengan rincian bidang MST 453 naskah, bidang FTR 178 naskah dan bidang ISH 544 naskah. Hanya 175 naskah yang lolos tahap final dan salah satunya adalah naskah penelitian siswi MAN 1 Pidie bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Tahap final KoPSI yang meliputi seleksi Presentasi (video & poster), wawancara, dan pameran virtual akan dilaksanakan pada tangga 15-20 November 2021. Adapun judul penelitian Siswi MAN 1 Pidie yang lolos ke Final yaitu “Persepsi Risiko Covid-19 pada Siswa MAN 1 Pidie” di bawah arahan Khairul Amin, S.Sos selaku guru pembimbing Ekskul Karya Tulis Ilmiah MAN 1 Pidie.

KoPSI merupakan ajang kompetisi yang di ikuti oleh seluruh siswa/i SMA dan MA se-Indonesia. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam laman resminya menyatakan bahwa KoPSI merupakan ajang kompetisi untuk mewadahi, mengapresiasi serta menciptakan generasi muda yang mampu menjawab tantangan zaman, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu meningkatkan minat, bakat dan kemampuan siswa dalam penelitian.

Tahun ini KoPSI mengusung tema Inovasi Potensi Lokal untuk Pemilihan Indonesia. Adapun bidang ilmu yang dilombakan ada 3 (tiga) yaitu : 1. Matematika, Sains dan Teknologi (MST), 2. Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), 3. Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Sebelum pengumuman tahap Final, Lima siswa MAN 1 Pidie yaitu Nurhadisah, Anggi Safitri, Nailatul Azkia, Hayatun Nufus, dan Nailul Surur telah berhasil lolos seleksi proposal dan dapat mngikuti tahap penelitian. Proposal yang mereka usulkan telah disetujui berdasarkan rapat pleno hasil review oleh tim reviewer yang hasilnya diumumkan pada Rabu, 30 Juni 2021. Namun dari tiga proposal yang telah di ajukan, hanya satu yang berhasil masuk ke tahap final.

Kepala MAN 1 Pidie, Darwin, menyambut gembira atas keberhasilan ketiga proposal yang diusulkan oleh para siswa sehingga dapat lanjut ke tahap Penelitian KoPSI 2021.

Meski hanya berhasil mengirimkan satu wakil ke tingkat nasional, Kepala MAN 1 Pidie juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi di Ajang KoPSI. Terutama kepada guru pembimbing yaitu Bapak Muhammad Mahdhar,  Muhammad Iqbal, dan Syafaruddin Gultom yang telah berkontribusi dalam penyiapan proposal hingga pelaksanaan penelitian.  “Insya Allah dengan usaha yang gigih dan keyakinan kuat serta doa yang tiada henti usaha akan membuahkan hasil yang baik di masa kini dan masa yang akan datan” Ungkap Kepala MAN 1 Pidie, Darwin, S.Ag.,MH.