Pemilihan OSIM Berbasis E-Voting MAN 1 Pidie 2021

Pidie– Kamis 30 September 2021 MAN 1 Pidie mengadakan (Pemilihan Ketua OSIM). Tidak Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan ketua OSIM kali ini menggunakan sistem  digital  software atau e-voting. Software ini dibuat dengan PHP untuk pelaksanaan dalam jaringan.  Agar beberapa komputer/laptop dapat digunakan secara bersamaan maka komputer/laptop dihubungkan  menggunakan koneksi WIFI yang dipancarkan dari laptop dan kemudian direcieve oleh beberapa laptop yang lain. Pelaksanaan OSIM diawali dengan pemberian username dan password kepada setiap siswa yang nantinya digunakan untuk login dalam software aplikasi Pemilihan Ketua OSIM. Pemilihan dilakukan dalam Lab Computer, yang dilengkapi laptop yang sudah siap dengan software aplikasi Pemilihan Ketua OSIM. Siswa tinggal melakukan login dengan Username dan Password yang sudah diberikan, kemudian tinggal mengklik pada gambar calon Ketua OSIM.

E-Voting merupakan sistem pemungutan suara berbasis digital, kelebihan pada penggunaan aplikasi E-Voting ini nantinya dapat menghemat penggunaan dana, efisiensi waktu dan tenaga, dan hasil langsung dapat diketahui setelah pemungutan suara selesai. Serta aplikasi ini juga disebut ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas yang lumayan besar.

Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Pidie Darwin, S.Ag.MH menjelaskan kegiatan ini merupakan pembelajaran demokrasi bagi para siswa dan berpesan kepada para siswa untuk mengikuti proses dengan sebaik-baiknya.”Kegiatan Pemilu OSIM merupakan pembelajaran demokrasi yang baik di lingkungan madrasah, memberikan pengetahuan proses Pemilihan Langsung yang di integrasikan dengan pemanfaatan teknologi, nantinya setelah para siswa menginjak usia 17 tahun maka dapat berpartisipasi secara aktif dalam Pemilu Kepala Daerah maupun Presiden” ujarnya.

Waka Kesiswaan M.Nazarullah,S.Ag menambahkan. “Kegiatan Pemilos ini dilaksanakan dalam rangka melanjutkan pengurus OSIM periode 2020/2021, serta untuk pelatihan berorganisasi dan kaderisasi di dalam lingkungan madrasah”ujarnya.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Yang diwakili Dr.Safwan,S.Pd.I,M.Ag, yang memberikan semangat kepada para calon Ketua OSIM agar selalu berkoordinasi dengan pembina OSIM maupun bapak ibu guru dan selalu menjalankan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab. Dan hadir Pula Ketua KIP Pidie Fuadi Yusuf serta Komite Sekolah Junaidi Ahmad dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIM ini dilakukan di Labcomputer secara bergantian.  Setiap kelas bergiliran melakukan pemilihan untuk menggunakan hak suaranya. Ini merupakan bagian dari pembelajaran berdemokrasi. Dari Hasil Rekapitulasi Berbasis E-Voting yang dilakukan,  Peraih Suara Terbanyak Dimenangkan Oleh Paslon Nomor Urut 1 Arif Fadilla Jaya yang berpasangan dengan Nuraskin. Selamat kepada pemenang.

Ketua KIP Pidie Fuadi Yusuf memberikan ucapan selamat Kepada Ketua OSIM terpilih. Kami ucapkan SELAMAT MENEMPUH TUGAS  BARU, sedangkan calon yang belum terpilih, mari bersama-sama membantu ketua OSIM terpilih demi kesuksesan MAN 1 Pidie.

Acara Pembukaan
Proses Pemilihan OSIM
Pembukaan dari KEPMAD
Sambutan Ketua KIP Pidie