Siswa MAN 1 Pidie Kembali Mengukir Prestasi, Lulus Jurusan Favorit di Universitas Negeri lewat Jalur SNMPTN

Pidie — Siswa MAN 1 Pidie kembali mengukir prestasi, tercatat ada puluhan siswa-siswi madrasah di berhasil lolos masuk perguruan tinggi negeri favorit.

Saat ditemui Kepala madrasah, Darwin,S.Ag.MH dalam keterangannya menyampaikan dari 21 siswa madrasah yang lolos 2 (dua) di antaranya masuk program studi kedokteran Universitas syiah kuala.

“Ada 21 siswa-siswi MAN 1 Pidie berhasil lolos masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, ini bukti bahwa madrasah itu hebat,” terang Darwin di ruang Kepala Madrasah, Selasa (29/03).

Menurut Darwin, madrasah sebagai lembaga pendidikan formal yang berciri khas Islam mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain di berbagai bidang keilmuan.

“Karena memang di madrasah itu tidak ada dikotomi ilmu, mau ilmu agama ataupun ilmu umum semua diajarkan dan ternyata mereka bisa masuk di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN, berarti aplikasi keilmuan yang berbasis ekstrak benar-benar bisa diterapkan minimal bagi dirinya sendiri dan target terdekatnya adalah bisa diterima di perguruan tinggi terkemuka,” tuturnya.

Ia membandingkan, jika lulusan sekolah menengah sekolah lanjutan tingkat atas seperti SMA/SMK masuk di fakultas kedokteran menurutnya suatu hal yang wajar, akan tetapi lulusan madrasah diterima di fakultas kedokteran melalui jalur SNMPTN suatu hal yang luar biasa dan membanggakan.

“Lulusan dari luar madrasah ada keinginan masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) itu pasti ada kendala dan prosentasenya kecil, tetapi siswa/siswi madrasah masuk ke perguruan tinggi negeri umum, prodinya umum presentasinya bisa berimbang dengan siswa/siswi lulusan sekolah umum kecuali memang yang sekolahnya berbasis pesantren, atau sekolahnya dikelola oleh sebuah ormas islam,” imbuhnya.

Berikut siswa-siswi madrasah di Pangandaran yang berhasil lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur SNMPTN.

NONAMAJURUSANFAKULTASPTN
1Siti UlayyaEkonomi PembangunanEkonomi(USK)
2Vira NadiaArsitekturTeknik(USK)
3Ora AzilaManajemenEkonomi(USK)
4Mirna Halizah Pendidikan Geografi FKIP(USK)
5MufakkirahIlmu KelautanFakultas Kelautan dan Perikanan(USK)
6Putri BalqisPemanfaatan Sumberdaya PerikananKelautan dan perikanan(USK)
7HerdiansyahTeknologi Rekayasa Kimia IndustriPolitehnik Negeri Lokhsemawe Politehnik Negeri Lokhsemawe 
8Sayidah Nurul FatahArsitekturFakultas sains dan teknologiUIN Ar-Raniry Banda Aceh
9NurmeidaEkonomi IslamEkonomi(USK)
10Nadia RafizaTeknik GeofisikaFakultas teknik(USK)
11Aldiva RidnasinaSosiologiFISIP(USK)
12ElliyyinaPendidikan DokterKedokteran(USK)
13Khaizatul RauzaPendidikan Kedokteran GigiFakultas pendidikan kedokteran gigi(USK)
14Rahayu Ilmu Pemerintahan FISIP(USK)
15Alna FitriTeknik Komputer Teknik(USK)
16Alya Dara KamilaTeknik PertambanganTeknik(USK)
17Natasya Humaira Ilmu Keperawatan Keperawatan (USK)
18Sahar RahmatullahStatistikaMIPA(USK)
19Nurul MarisaIlmu HukumFakultas Hukum(USK)
20Nurul Rahmatillah Teknologi Hasil PertanianPertanian(USK)
21Rizka AzkiaGiziFakultas Kesehatan MasyarakatUniversitas Teuku Umar