Demi Hadirkan Pendidikan Bermutu, MAN Pidie Gelar Pelatihan Pemantapan Perangkat Pembelajaran

Pidie – Pada Rabu (13/5) MAN 1 Pidie memfasilitasi para guru untuk meningkatkan kapasitasnya dalam melakukan pembelajaran, Pelatihan bertajuk Pemantapan Perangkat pembelajaran ini dihadiri oleh Guru MAN 1 Pidie. Pelatihan ini dilaksanakan secara Luring di Ruang Guru yang dijadwalkan oleh tim kurikulum MAN 1 Pidie.

Dalam rangka memenuhi hak siswa agar memperoleh pendidikan yang bermutu selama pandemi masih berlangsung, MAN 1 Pidie melaksanakan pembinaan dan pelatihan pengelolaan pembelajaran bagi guru, Pengadaan pelatihan ini bertujuan agar guru mampu melakukan modifikasi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga terciptalah suasana pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan. Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut difasilitasi oleh Bapak Kamarullah Beliau juga selaku Widyaswara BDK Aceh. Dan juga dibantu oleh Kurikulum MAN 1 Pidie Muhammad Mahdhar, S.Pd.I.M.Pd.

Dalam pembukaannya, beliau menjelaskan tentang pentingnya bagi guru untuk memahami tentang hakikat pendidikan. Selama ini formalitas baik berupa admnistrasi maupun peraturan-peraturan lainnya telah mendominasi di sektor pendidikan di Indonesia. Sehingga hal ini mengurangi kesakralan dari marwah pendidikan itu sendiri. Pada masa pandemi covid-19, melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184, Kementerian Agama telah memberikan wewenang seluas-luasnya bagi madrasah untuk menentukan sendiri, teknis pembelajaran mana yang sesuai untuk dilaksanakan di madrasah masing-masing. Wewenang tersebut berupa perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.