Pembukaan MATSAMA Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie Tahun Pelajaran 2022-2023

Pidie- Di Senin pagi yang cerah untuk memulai pembelajaran di tahun pelajaran baru 2022/2023 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie seluruh peserta didik baru berkumpul di lapangan upacara mendengarkan langsung arahan singkat dari kepala madrasah sebelum melanjutkan acara pembukaan Matsama di aula madrasah.

Matsama memiliki arti Masa Taaruf Siswa Madrasah yang merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah/sekolah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA. Kegiatan Matsama sebelumnya lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Melihat cakupannya yang dilaksanakan di lingkungan madrasah, maka Matsama merupakan bagian dari salah satu program pendidikan pada Kementerian Agama.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie yang diwakili oleh Kasubbag TU Bapak Tarmizi beserta rombongan, Sebelumnya para peserta Matsama diberikan pengarahan pentingnya Matsama di Madrasah. Kegiatan Matsama ini rencana akan dilaksanakan selama satu minggu berturut-turut dari hari senin sampai dengan hari sabtu, yaitu tanggal 18 -23 Juli 2022.