Siswa Kelas XII MAN 1 Pidie Ikuti Sosialisasi Bimbingan Karier Dan Strategi Menghadapi SNMPTN-SBMPTN serta Cara Mendaftar KIP Kuliah Online 2022

Pidie- Menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2023, MAN 1 Pidie menggelar sosialisasi SNMPTN-SBMPTN serta KIP Kuliah di Aula Serba Guna MAN 1 Pidie selama dua hari 30 dan 31 Agustus.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII dan diprakasai oleh BK MAN 1 Pidie. Sebagai narasumber adalah Koordinator BK MAN 1 Pidie Dra.Cut Nurhayti dan Tim BK, Anggi Agustianti,S.Pd dan Mirza Saifutra, S.Pd

Dalam sosialisasi ini disampaikan beberapa point penting terkait ketentuan umum dan persyaratan SNMPTN 2023. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Serta Pemateri juga menjelaskan tata cara pendaftran KIP Kuliah atau yang lebih dikenal dengan istilah Bidikmisi, Karna Banyak sekali siswa MAN 1 Pidie yang bisa mengurus atau mendaftar kip kuliah online.

Mirza selaku Tim BK Menjelaskan sekarang semua siswa sudah mudah untuk mengurus beasiswa KIP Kuliah karena setiap siswa yang memiliki kartu KIP dapat mendaftrakan langsung melalui laman yang diberikan oleh Kemendikbut bahkan siswa yang kurang mampu tapi tidak memiliki kartu juga bisa mendaftar KIP Kuliah dengan syarat harus ada surat keterangan dari Dinsos Kabupaten Kota yang kemudian di Aplhout ke Aplikasi KIP saat mendaftar nanti.

Dra.Cut Nurhayti selaku koordinator BK MAN 1 Pidie mengungkapkan bahwa sesuai kebijakan seleksi SNMPTN 2022, madrasah yang berakreditasi A diberikan kuota 40% untuk ikut seleksi.

“Tahapan penerimaan mahasiswa baru memiliki beberapa mekanisme yang harus dilaksanakan,” tambahnya.

Sementara itu,Kepala MAN 1 Pidie Darwin,S.Ag.M.H berharap agar para siswa memilih program studi sesuai dengan minat, jurusan dan nilai akademiknya.