Seluruh Peserta Kelas XI MAN 1 Pidie Ikuti Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)

Pidie-Madrasah Aliyah Negeri 1 Pidie (MAN 1 Pidie)  selenggarakan (Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) pada Senin, (19/09) di ruang laboratorium komputer dan ruang khusus. Kegiatan berlangsung dalam 2 sesi yang dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Madrasah Reform yang dikelola Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Program yang merupakan hasil kerja sama dengan Bank Dunia (World Bank) ini juga dikenal dengan Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR).

AKMI merupakan evaluasi yang digunakan untuk memetakan mutu sistem pendidikan dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi. Assesmen dilakukan pada peserta didik madrasah secara komprehensif dalam mendiagnosis kemampuan literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

Hasil assesmen dapat digunakan oleh Pendidik dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar penyusunan suatu rancangan pembelajaran.

“Semoga AKMI tersebut dapat melancarkan peserta didik MAN 1 Pidie dalam mengerjakan soal literasi dan numerasi nantinya. Sehingga kualitas peserta didik dapat meningkat dan menjadi lebih baik,” harap Darwin selaku Kepala Madrasah.