Pengarahan Siswa/i MAN 1 Pidie Yang Masuk Eligebel SNBP Tahun 2023

Pidie- MAN 1 Pidie menyelenggarakan Pemetaan Siswa Eligible Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) di Aula MAN 1 Pidie, (12/1/2023). Acara diikuti siswa kelas XII, IPA-IPS.Sebagai pemateri utama Bapak Syafruddin Gultom yang didampingi Wakil Kepala bidang Kurikulum Muhammad Mahdhar. M.Pd., dan coordinator guru BK.

Menurut Mahdhar, Seleksi Nasional Berdasar Prestasi adalah seleksi masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes, tetapi berdasarkan prestasi akademik yang diambil dari nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5. Selain nilai rapor, madrasah juga bisa menambahkan nilai prestasi berdasarkan capaian-capaian tertentu.

MAN 1 Pidie terakreditasi A, sesuai regulasi yang ada dapat mengajukan 40 persen siswa terbaiknya dari jumlah siswa kelas XII untuk mengikuti SNBP. Sedangakan sekolah atau madrasah yang terakreditasi B, hanya boleh mengajukan 25 persen, dan yang terakreditasi C hanya boleh 5 persen saja. Siswa yang bisa memenuhi kriteria disebut siswa eligible SNBP.

Dalam kesempatan itu, Pak Gultom menyampaikan kiat-kiat untuk bisa diterima di PTN melalui jalur ini. Madrasah juga harus melakukan pemetaan siswa yang benar-benar berminat untuk mengikuti SNBP. Siswa yang sudah terlanjur diterima di jurusan tertentu, sebaiknya tetap mantap dengan pilihannya. Dan tidak membatalkan diri. “Siswa eligible (yang termasuk 40 persen) harus benar-benar mantap. Bila tidak ingin melalui jalur SNBP bisa diganti oleh siswa yang mempunyai peringkat di bawahnya,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kiat-kiat memilih perguruan tinggi negeri dan jurusan yang diminatinya. Pemilihan jurusan harus berdasarkan nilai terbaik yang ada dalam rapor. Guru-guru Bimbingan Konseling siap memberikan pelayanan terbaik. “Kami, semua guru BK, siap memberikan pelayanan prima. Kami siap memberikan pengarahan dan konsultasi bila para siswa memerlukan,” Dra, Cut Nurhayati selaku Koordinator BK.